Selasa, 23 Januari 2018

# Inspirasi

Mau Wisata Murah tapi Tetap meriah, Perhatikan Lima Hal Ini.


Setelah penat berkutat dengan rutinitas sehari-hari, setiap orang sebaiknya berekreasi atau berwisata. Rekreasi dibutuhkan untuk membuat tubuh dan pikiran kembali rileks.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui kegiatan wisata. Berwisata bisa membuat seseorang terhindar dari stress bahkan depresi. Terutama bagi mereka yang sedang atau telah tertimpa masalah, berwisata membuat diri melupakan sejenak beban pikiran. Dengan segarnya pikiran, semangat akan terisi kembali. Otak pun akan lebih mudah menyelesaikan masalah dan menelurkan ide-ide baru.

Selain menyegarkan pikiran, berwisata juga bisa menambah pengetahuan. Seperti yang kita ketahui, dewasa ini banyak berdiri sarana rekreasi dengan tujuan edukasi. Sarana yang menyebut diri sebagai education park ini, selain bisa mengajak bersenang-senang, juga bisa membuat kita mengetahui banyak hal. Yang demikian, sangat bermanfaat terutama untuk pelajar.

Sedikit atau banyak, berwisata pasti membutuhkan biaya. Mulai dari biaya transport, makan, tiket masuk area wisata serta untuk pembelian oleh-oleh alias souvenir. Tetapi, apabila direncanakan dengan seksama, biaya-biaya tersebut tentu bisa ditekan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar wisata kita tak membutuhkan banyak biaya.


Rencanakan tujuan

Yang utama, tentukan tujuan. Sebaiknya pilih lokasi wisata yang tidak membuat kita merogoh kantong terlalu dalam. Museum atau taman kota bisa menjadi pilihan. Selain biaya masuknya murah atau bahkan gratis, pertimbangkan jarak dari rumah menuju lokasi.

Transportasi

Mau ke tempat tujuan naik apa? Ini pertanyaan yang harus segera disiapkan jawabannya. Akan lebih baik jika jauh-jauh hari sudah membeli tiket, apalagi jika bisa mendapat tiket promo yang tentu harganya lebih murah daripada tiket regular.

Bawa perbekalan dari rumah

Ini hal yang tak kalah penting. Jamak kita jumpai, harga makanan di tempat wisata terbilang fantastis. Agar terhindar dari pemborosan, sebaiknya bawa makanan dan minuman dari rumah. Selain lebih sehat dan higienis, tentu biayanya juga lebih murah. Hal yang sama berlaku untuk pakaian dan peralatan yang mungkin dibutuhkan selama berwisata.


Hindari akhir pekan

Ada beberapa tempat wisata yang memberlakukan harga tiket masuk lebih mahal pada saat hari libur atau akhir pekan. Hal ini sebaiknya diketahui agar biaya wisata tak melebihi anggaran yang tersedia. Selain itu, arus lalu lintas menuju tempat wisata biasanya cenderung ramai dan macet saat akhir pekan.

Souvenir

Bila tidak perlu atau tidak terlalu bermanfaat, hindari membeli souvenir. Bukan berarti tak perlu kenang-kenangan, tapi souvenir tersebut bisa kita beli pada saat kondisi keuangan sudah lebih baik.

Demikian lima hal yang perlu diperhatikan agar kita tetap bisa berlibur walau dengan anggaran yang terbatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates