Kamis, 23 November 2017

# Review

Tumbuh dan Berkembang Bersama Pasukan Joeragan Artikel


Menurut data yang dirilis oleh Kemenkop UKM, seperti diberitakan oleh CNN Indonesia online pada tanggal 15 November 2017, bahwa jumlah pelaku usaka mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 59,2 juta. Dari jumlah tersebut, 8 persen di antaranya atau sekitar 3,79 juta telah memasarkan produknya secara online.

Menyadari kebutuhan pasar akan publikasi suatu produk secara online, Joeragan Artikel (JA) sebagai salah satu agensi naskah membentuk kelompok-kelompok emak penulis yang disebut Pasukan Joeragan Artikel. Pembentukan pasukan ini sekaligus untuk menampung para alumni training JA sesuai dengan training yang telah mereka ikuti.

Dari awal didirikan hingga saat ini, telah terbentuk sebanyak lima pasukan yaitu Pasukan Endorser, Pasukan Blogger, Pasukan Editor, Pasukan Resensi dan Pasukan Reportase. Saya sendiri tergabung dalam Pasukan Endorser dan Pasukan Blogger, setelah sebelumnya ikut training Gampang Bikin Artikel dan Penulis Biografi.

Apa sih keuntungan menjadi anggota pasukan? Banyak menurut saya. Beberapa di antaranya adalah:
- Membuat kita lebih konsisten menulis
- Menambah relasi dan pertemanan
- Meningkatkan ketrampilan menulis
- Menambah pengetahuan kita akan ragam UKM Indonesia

Untuk mengenal lebih jauh tentang pasukan-pasukan tersebut, berikut penjelasannya:


Pasukan Endorser

Pasukan ini adalah yang pertama kali dibentuk. Bagi pebisnis UKM dan anggota Pasukan Endorser, kerja sama yang dilakukan saling menguntungkan. Pengusaha terbantu untuk promosi produknya hingga penjualannya meningkat. Sedangkan bagi anggota pasukan sendiri, secara langsung bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama training ketika mempromosikan suatu produk.

Sebelum mulai berpromosi, kami biasa mendapat briefing atau pengarahan terlebih dahulu dari leader, baik berupa aturan ketika nanti mempromosikan maupun pengetahuan tentang produk itu sendiri. Jadi, bagi pengusaha yang hendak menggunakan jasa Pasukan Endorser, tak perlu khawatir dengan kualitas cara berpromosinya.

Pasukan Blogger

Hampir sama dengan Pasukan Endorser, pasukan Blogger juga mempromosikan suatu produk, tetapi lebih banyak berupa review. Maka syarat untuk menjadi anggota pasukan ini, tentu harus mempunyai blog.

Berbekal pengetahuan cara membuat artikel yang bagus, review yang dibuat para emak di pasukan ini ciamik loh. Seminggu dua kali diadakan challenge untuk meningkatkan kemampuan menulis dan ngeblog bagi para anggota pasukan. Untuk yang pertama kali setor challenge, akan ada reward berupa bedah artikel yang bersangkutan dan kritik serta saran tentang blognya. Asyik kan?

Ssstt! Challenge yang diadakan itu bertabur hadiah loh. Dan yang on the way, review suatu produk skin care berhadiah emas. Bikin mupeng nggak tuh?

Pasukan Editor

Dengan semakin banyaknya penulis dan kontributor di emakpintar.org, kebutuhan akan editor pun meningkat pesat. Maka bagi para alumninya dibentuklah pasukan ini. Selain untuk memoles artikel yang akan ditayangkan di web emakpintar, pasukan editor juga mengoreksi bakal buku yang ditulis para emak melalui agensi Joeragan Artikel.

Pasukan Resensi

Bingung mempromosikan buku yang telah ditulis? Gunakan Pasukan Resensi. Training yang dimentori oleh Ibu Fitri Restiana ini menghasilkan alumni yang tahu teknik membuat resensi yang baik.

Pasukan Reporter

Untuk publikasi siaran langsung, keberadaan Pasukan Reporter layak dipertimbangkan. Para alumni training ini telah dibekali materi cara mendapatkan ide dan membuat artikel liputan yang menarik.

Anda tertarik menggunakan jasa pasukan Joeragan Artikel? Atau justru ingin menjadi anggota pasukan? Silakan hubungi founder atau para leader Joeragan Artikel ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates